CARA PENGGUNAAN MIKRO METER

Sebelum menggunakan mikro meter kita harus mengerti Bagian – Bagian Micro Meter untuk memudahkan proses pengukuran dengan mikro meter.

Sebelum kita menggunakan mikro meter, kita harus melakuklan beberapa hal sebagai berikut:

1.       Kalibrasi
Kalibrasi mutlak harus dilakukan sebelum penggunaan mikro meter, untuk mendapatkan hasil pengukuran yang presisi. Lakukan kalibrasi dengan cara sebagai berikut:
-          Tepatkan garis angka nol pada skala sleevedengan angka nol pada skala thimble, hal ini berarti kondisi mikro meter dalam posisi ukuran nol mikro mm.
-          Apabila kondisi diatas tidak tercapai, lakukan penyetelan denganmenggunakan kunci mikro meter, dengnan cara memutar tangkai mikro meter pada bagian skala thimble.
-          Hasil kalibrasi dinyatakan tepat, apabila penyetelan tersebut menghasilkan posisi garis angka nol pada skala thimble, tepat berada pada garis angka nol pada skala sleeve.

2.       Mengukur Benda Kerja
Sama halnya pada penggunaan Jangka Sorong, demikian juga terhadap penggunaan Mikro meter, dimana saat menekan benda kerja pada saat proses pengukuran, harus diperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

Cara menggunakan mikro meter yang benar
a.       Penekanan terhadap benda kerja tidak boleh lebih dari 500 sampai dengan 1000 gram
b.       Lakukan penekanan benda kerja dengan urutan sebagai berikut:
-          Putar mikro meter pada bagian tangkai sekitar Thimble, apabila jarak pengukuran masih jauh dari benda kerja.
-          Apabila jarak pengukuran sudah menyentuh benda kerja, lakukan pemutaran mikro meter pada bagian RATCHET, sampai berbunyi “klik” sebanyak kurang lebih 5 kali.


Facebook Comments

0 comments



Powered by Blogger.